-->

Sensor Temperatur IC LM35

Sensor Temperatur IC LM35

Melanjutkan Pembahasan klasifikasi sensor temperatur sebelumnya. Kali ini kita akan membahas sensor temperatur jenis IC. Sensor ini sangat umum digunakan diberbagai keadaan, selain harganya yang cukup murah IC sensor temperatur ini memiliki linieritas yang sangat tinggi. IC LM35 adalah IC sensor temperatur yang paling sering digunakan diberbagai kondisi. Sensor LM35 merupakan komponen elektronika yang memiliki fungsi untuk mengubah temperatur/suhu yang diterimanya ke dalam besaran listrik berupa tegangan.
Gambar 1 IC LM35


Gambar 2 Karakteristik IC LM35

Berdasarkan Gambar 2 dapat dilihat bahwa setiap kenaikan temperatur/suhu maka output yang dihasilkan IC LM35 berupa tegangan akan meningkat. selain itu karateristik yang dilihat pada gambar 2 dapat disimpulkan stabil / linier sehingga pengguna sensor LM35 dapat memperkirakan berapa tegangan yang dihasilkan LM35 saat berapapun kondisi suhu yang dideteksi dengan mudah.

Karakteristik elektrik sensor LM35 berdasarkan datasheet:
• Memiliki sensitivitas suhu, dengan faktor skala linier antara tegangan dan suhu 10mVolt/oC, sehingga dapat dikalibrasi langsung dalam celcius.
• Memiliki ketepatan atau akurasi kalibrasi yaitu 0,5 oC pada suhu 25 oC.
• Memiliki jangkauan maksimal operasi suhu antara -55 oC sampai +150 oC.
• Bekerja pada tegangan 4V sampai 30V.
• Memiliki arus rendah yaitu kurang dari 60µA.
• Memiliki impedansi keluaran yang rendah yaitu 0,1W untuk beban 1 mA. • Memiliki ketidaklinieran ± 1 4 ℃.

Varian sensor LM35
• LM35A memiliki range pengukuran temperatur -55 oC sampai +150 oC.
• LM35C, LM35CA memiliki range pengukuran temperatur -40 oC sampai +110 oC.
• LM35D memiliki range pengukuran temperatur 0 oC sampai +100 oC

Penggunaan sensor LM35
Aplikasi sensor LM35 sering digunakan pada pengatur suhu ruangan, pengatur suhu penetas telur dan lain sebagainnya. rangkaian penggunaan sensor LM35 dapat berupa analog dan program. penggunaan rangkaian analaog dapat menggunakan rangkaian tambahan buffer dan penguat non inverting sedangkan penggunaan program biasa menggunakan mikrokontroler sebagai pembaca datanya. berikut rangkaian pennggunaan sensor LM35.
Gambar 3 Penggunaan rangkaian IC LM35

Demikian Bahasan mengenai Sensor Temperatur LM35, Apabila bermanfaat jangan lupa untuk bagikan. ikuti terus website ini dan tunggu postingan-postingan bermanfaat lainnya. Terimakasih


0 Response to "Sensor Temperatur IC LM35"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel