-->

Pengertian dan Cara Kerja Tang Meter

Tang meter adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur arus listrik pada sebuah kabel konduktor yang dialiri arus listrik dengan menggunakan dua rahang penjepitnya (clamp) tanpa harus memiliki kontak langsung dengan terminal listriknya, tidak perlu mengganggu rangkaian listrik yang akan diukur, cukup dengan ditempatkan pada sekeliling kabel listrik yang akan diukur.
Tang Meter
Gambar 1. Tang Meter

Pada umumnya, tang meter yang terdapat di pasaran memiliki fungsi sebagai multimeter juga. Selain memiliki dua rahang penjepit, tang meter juga memiliki dua probe yang dapat digunakan untuk mengukur resistansi, tegangan ac, tegangan dc, mengukur frekuensi, arus listrik dc, dan sebagainya. Prinsip kerja tang meter menggunakan prinsip induksi magnetik untuk menghasilkan pengukuran non-kontak terhadap arus listrik AC. Arus Listrik yang mengalir di kabel konduktor akan menghasilkan medan magnet. Seperti yang diketahui bahwa arus AC adalah arus dengan polaritas yang bolak-balik, hal ini akan menyebabkan fluktuasi dinamis dalam medan magnet yang sebanding dengan aliran arus listriknya. Sebuah transformator yang terdapat di dalam tang meter akan merasakan fluktuasi magnet tersebut dan kemudian mengkonversikannya menjadi nilai ampere (arus listrik) sehingga kita dapat membacanya di layar tang meter. Cara Pengukuran dengan teknologi ini sangat mempermudahkan dalam mengukur arus listrik AC terutama pada arus listrik AC yang tinggi.

Cara menggunakan tang meter yaitu sebagai berikut:
  • Putar atau setting saklar tang meter ke posisi amperemeter (biasanya tertulis huruf A dengan gelombang sinus diatasnya). 
  • Tekan trigger untuk membuka rahang penjepit tang ampere. 
  • Jepitkan rahang penjepit ke kabel konduktor yang dialiri arus listrik AC (kabel listrik berada di tengah-tengah rahang penjepit) kemudian lepaskan trigger tang meter. Catatan : Jika kabel listrik tersebut belum dialiri listrik, hubungkan kabel tersebut atau ON-kan perangkat yang ingin diukur arus listriknya. 
  • Baca nilai ampere yang tertera di layar tang meter.

0 Response to "Pengertian dan Cara Kerja Tang Meter"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel