-->

Pengertian dan Fungsi KWh Meter

KWh meter adalah alat ukur yang digunakan untuk menghitung pemakaian energi listrik. KWh meter ini bekerja menggunakan metode induksi medan magnet dimana medan magnet terdebut menggerakkan piringan yang terbuat dari alumunium. Pemakaian listrik indutri maupun rumah tangga menggunakan satuan kilowatt-hour (kWh) dimana 1 kWh sama dengan 3.6 MJ. KWh meter induksi adalah salah satu tipe yang digunakan untuk menhitung daya listrik rumah tangga.

KWh Meter Analog
Gambar 1. Kwh Meter Analog
Bagian-bagian utama dari kWh meter yaitu kumparan tegangan, kumparan arus, piringan alumunium, magnet tetap, dan gir mekanik untuk mencatat banyaknya putaran dari piringan alumunium. Semakin besar daya yang dipakai, kecepatan piringan semakin besar. Dan semakin kecil daya yang dipakai, kecepatan piringan semakin kecil. KWh meter ini dibagi menjadi dua yaitu kWh meter analog dan kWh meter digital. Pada kWh meter analog, bagian utamanya adalah kumparan tegangan, kumparan arus, piringan aluminium, dan magnet tetap yang tugasnya menetralkan piringan aluminium dari induksi medan magnet dan gear mekanik yang mencatat jumlah perputaran piringan aluminium.
Alat ini bekerja menggunakan metode induksi medan magnet, dimana medan magnet tersebut menggerakkan piringan yang terbuat dari aluminium. Putaran piringan tersebut akan menggerakkan counter digit sebagai tampilan jumlah kWh Meter. 

0 Response to "Pengertian dan Fungsi KWh Meter"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel