-->

Pengertian dan Cara Kerja Band Stop Filter

Pengertian Band Stop Filter

Band Stop Filter (BSF) adalah filter yang meredam sinyal dengan lebar pita (bandwidth) tertentu yang dibatasi oleh frekuensi cut-off rendah (𝑓𝐢𝐿) dan frekuensi cut-off tinggi (𝑓𝐢𝐻), dan melewatkan sinyal yang berada di bawah frekuensi cut-off rendah dan di atas frekuensi cut-off tinggi. Band Stop Filter sering disebut juga sebagai Band Notch Filter atau Band Rejection Filter. Pada tanggapan frekuensi Band Stop Filter, juga terdapat istilah bandwidth dan faktor kualitas. Dimana nila bandwidth dinyatakan dalam persamaan (1) dan faktor kualitas dinyatakan dalam persamaan (2).
Suatu Band Stop Filter dapat dikatakan baik jika memiliki bandwidth yang sempit, dan nilai faktor kualitas yang tinggi. Karena semakin sempit bandwidth menandakan Band Stop Filter semakin baik dalam menyeleksi frekuensi yang akan diredam. Gambar 1.a. menunjukan tanggapan frekuensi ideal, dan Gambar 1.b. menunjukan tanggapan frekuensi praktik dari Band Stop Filter
Tanggapan Frekuensi BSF; a) Ideal; b) Praktik
Gambar 1. Tanggapan Frekuensi BSF; a) Ideal; b) Praktik


Rangkaian Band Stop Filter Orde 1

Band Stop Filter orde 1 merupakan filter yang memiliki pita transisi sebesar -6 dB/oktav atau -20 dB/decade. Band Stop Filter orde 1 disusun dari rangkaian High Pass Filter dan Low Pass Filter orde satu yang keduanya dihubungkan secara parallel. Kemudian pada outputnya diberi tambahan penguat summing. Gambar 2. menunjukan rangkaian Band Stop Filter orde 1.
Rangkaian Band Stop Filter Orde 1
Gambar 2. Rangkaian Band Stop Filter Orde 1

Seperti halnya Band Pass Filter, pada Band Stop Filter terdapat dua frekuensi cut-off. Perbedaannya yaitu frekuensi cut-off rendah (𝑓𝐢𝐿) pada Band Stop Filter diperoleh dari rangkaian Low Pass Filter dan frekuensi cut-off tinggi (𝑓𝐢𝐻) diperoleh dari rangkaian High Pass Filter. Frekuensi cut-off dari Band Stop Filter orde 1 dapat dilihat pada persamaan (1) dan (2).
persamaan (1) dan (2)

Keterangan:
𝑓𝐢𝐿 = frekuensi cut-off rendah (Hz)
𝑓𝐢𝐻 = frekuensi cut-off tinggi (Hz)

Contoh 1:
Suatu rangkaian Band Stop Filter orde 1 disusun dari High Pass Filter orde 1 dengan nilai R1 = 420 Ω, C1 = 20 uF, dan Low Pass Filter orde 1 dengan nilai R2 = 2 kΩ, C2 = 50 uF. Tentukan nilai dari frekuensi cut-off rendah dan frekuensi cut-off tinggi dari Band Stop Filter tersebut!
Jawab :
Untuk menghitung nilai frekuensi cut-off rendah dan frekuensi cut-off tinggi dari Band Stop Filter orde 1 dapat dilakukan menggunakan persamaan (1) dan (2): 

Rangkaian Band Stop Filter Orde 2

Band Stop Filter orde 2 merupakan filter yang memiliki pita transisi sebesar -12 dB/oktav atau -40 dB/decade. Band Stop Filter orde 2 disusun dari rangkaian High Pass Filter dan Low Pass Filter orde dua yang keduanya dihubungkan secara parallel. Kemudian pada outputnya diberi tambahan penguat summing. Gambar 3. menunjukan rangkaian Band Stop Filter orde 2.
Rangkaian Band Stop Filter Orde 2
Gambar 3. Rangkaian Band Stop Filter Orde 2

Pada Band Stop Filter terdapat dua frekuensi cut-off yaitu frekuensi cutoff rendah (𝑓𝐢𝐿) yang diperoleh dari rangkaian Low Pass Filter dan frekuensi cut-off tinggi (𝑓𝐢𝐻) yang diperoleh dari rangkaian High Pass Filter. Frekuensi cut-off dari Band Stop Filter orde 2 dapat dilihat pada persamaan (3) dan (4)
persamaan (3) dan (4)

Keterangan:
𝑓𝐢𝐿 = frekuensi cut-off rendah (Hz)
𝑓𝐢𝐻 = frekuensi cut-off tinggi (Hz)

Contoh 2:
Suatu rangkaian Band Stop Filter orde 2 disusun dari High Pass Filter orde 2 dengan nilai R1 = 500 Ω, R2 = 100 Ω, C1 = 1 uF, dan C2 = 5 uF, dan Low Pass Filter orde 2 dengan nilai R3 = 1 kΩ, R4 = 2 kΩ, C3 = 10 uF, dan C4 = 20 uF. Tentukan nilai dari frekuensi cut-off rendah dan frekuensi cut-off tinggi dari Band Stop Filter tersebut!
Jawab :
Untuk menghitung nilai frekuensi cut-off rendah dan frekuensi cut-off tinggi dari Band Pass Filter orde 2 dapat dilakukan menggunakan persamaan (3) dan (4):

0 Response to "Pengertian dan Cara Kerja Band Stop Filter"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel