-->

Mengenal Zelio Smart Relay

 Mengenal Zelio Smart Relay

Smart relay adalah sebuah perangkat kendali otomatis yang dapat diprogram untuk menjalankan proses sekuensial tertentu. smart relay adalah suatu perangkat kendali relay virtual yang didesain dari mikrokontroller sebagai pengganti dari fungsi kendali relay dan kontaktor konvensional. Smart relay juga sering disebut sebagai mini PLC atau mikro PLC karena secara fungsional smart relay hampir sama dengan dengan kendali PLC, hanya saja fitur-fitur yang dimiliki oleh kendali smart relay lebih sederhana.

Smart Relay Zelio SR2A101BD
Gambar 1. Smart Relay Zelio SR2A101BD

Untuk program yang sederhana smart relay menjadi alternatif yang tepat untuk digunakan, karena pada kendali smart relay juga dapat digunakan untuk menjalankan instruksi logika, timer, counter dan juga RTC (Real Time Clock). Selain itu untuk harga smart relay bervariasi dan relatif lebih murah dibandingkan dengan PLC, tergantung dari merek dan tipenya. Merek dari smart relay sendiri sudah bermacam-macam sama halnya dengan PLC, beberapa merek smart relay tersebut adalah: Zelio smart relay untuk smart relay keluaran dari Schneider Electric, Zen smart relay untuk smart relay keluaran dari Omron, IDEC smart relay dan masih banyak lagi.

Merek smart relay yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah smart relay merek Zelio. Smart relay merek Zelio ini paling banyak digunakan karena dari segi harganya yang relatif terjangkau juga mudah didapatkan di pasaran, selain itu smart relay Zelio juga tersedia dalam banyak tipe sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Smart relay Zelio tersedia dalam dua model yaitu: model compact dan model modular. Untuk model modular dapat ditambahkan module extension, sehingga dapat ditambahkan input/output tambahan. Perlu diketahui juga untuk smart relay Zelio model modular, meskipun dapat ditambahkan module extension namun tetap saja untuk jumlah input/output yang dapat ditambahkan tetap terbatas, yaitu hanya bisa ditambahkan sampai 40 input/output. Untuk gambar module extension yang dapat ditambahkan pada model modular dapat dilihat pada Gambar 2.

Module Extension SR3XT43BD
gambar 2. Module Extension SR3XT43BD


Arsitektur Smart Relay Zelio  

Sebelum mempelajari bagian-bagian dan prinsip kerja dari smart relay Zelio, sebaiknya perlu memahami terlebih dahulu arsitektur dari smart relay Zelio tersebut. Gambar arsitektur dari smart relay Zelio dapat dilihat pada Gambar 1.3.

Gambar Arsitektur Zelio Smart Relay
Gambar 3. Gambar Arsitektur Zelio Smart Relay


Secara garis besar arsitektur dari smart relay Zelio terdiri dari dua elemen utama, yaitu: 

  • Elemen input dan output yang terdiri dari sejumlah port untuk masukan dan keluaran dari smart relay Zelio. Elemen input berfungsi membaca data masukan agar dapat diproses oleh CPU. Sedangkan elemen output berfungsi untuk menerjemahkan data dari CPU agar data tersebut dapat menjalankan perangkat outputan. 
  • CPU (Central Processing Unit) terdiri dari prosesor, memori dan juga power supply. CPU ini berfungsi untuk menyimpan program kemudian mengeksekusinya dengan data masukan sehingga menghasilkan data output. 

Fungsi dan Bagian-bagian Zelio Smart Relay

Fungsi dan bagian-bagian Zelio smart relay dapat dilihat pada Gambar 1.4. Perlu diketahui bahwa pada Zelio smart relay memiliki 2 tipe output, yaitu a) tipe static output, yaitu tipe smart relay yang disupply dengan DC voltage, b) tipe relay output, yaitu tipe smart relay yang outputnya dapat disupply dengan AC atau DC voltage

Bagian-bagian Smart Relay Zelio
Gambar 4. Bagian-bagian Smart Relay Zelio


Fungsi dari bagian-bagian smart relay Zelio yang ditunjukkan oleh gambar 4 adalah sebagai berikut: 

  • Lubang terminal power supply, berfungsi sebagai tempat untuk memberikan sumber tegangan pada smart relay Zelio. 
  • Lubang terminal input diskrit, berfungsi sebagai terminal inputan diskrit atau inputan digital On/Off. 
  • Lubang terminal input analog, berfungsi sebagai terminal inputan berupa tegangan analog 0-10VDC. 
  • Nomor tipe smart relay untuk menunjukkan tipe smart relay yang digunakan. 
  • LCD display 
  • Lubang memori cartridge atau port untuk koneksi antarmuka smart relay Zelio dengan PC. 
  • Tombol navigasi kiri untuk mengarahkan kursor ke kiri. 
  • Tombol navigasi bawah untuk mengarahkan kursor ke bawah. 
  • Tombol navigasi atas untuk mengarahkan kursor ke atas. 
  • Tombol navigasi kanan untuk mengarahkan kursor ke kanan. 
  • Tombol menu/ok untuk menampilkan dan memilih menu, submenu, program ataupun parameter pada program
  • Tombol shift untuk menampilkan menu kontekstual yang akan muncul pada LCD diatas tombol navigasi, serta merubah fungsi tombol navigasi menjadi fungsi dari masing-masing menu tersebut. 
  • Lubang terminal output, berfungsi sebagai lubang terminal untuk outputan dari smart relay Zelio. 

 Prinsip Kerja Zelio Smart Relay

Setelah mempelajari tentang arsitektur dan bagian-bagian dari Zelio smart relay diatas, maka dapat diketahui bahwa prinsip kerja dari smart relay Zelio adalah terdiri dari tiga tahapan, yaitu: 

  • read: membaca data dari perangkat masukan yang terkoneksi dengan input smart relay. 
  • execute: mengeksekusi instruksi/program yang tersimpan pada memori. 
  • write: menuliskan atau mengeluarkan output dari hasil input yang telah dieksekusi dengan program yang telah dibuat
 

0 Response to "Mengenal Zelio Smart Relay"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel