-->

Pendakian Gunung Semeru Part 1

Langkah jejakku #1

Keindahan alam indonesia dapat dinikmati dari berbagai macam cara salah satunya mendaki gunung.
Halo Assalamualaikum kawan-kawan, gimana kabarnya?, saya harap baik-baik saja. Kali ini saya akan membagikan cerita tentang pengalaman saya mendaki gunung semeru, gunung tertinggi dipulau jawa dan bisa dibilang gunung terindah di pulau jawa. Ini untuk kali ketiganya saya kembali ke gunung semeru dimana pendakian semeru pertama saya dilakukan ditahun 2015 yang kala itu karena keterbatasan biaya pendakian yang dilakukan hanya sebatas sampai ranu kumbolo.
Ranu Kumbolo Menjelang Sore

Kemudian setahun berselang ditahun 2016 saya kembali berangkat menuju semeru untuk kedua kalinya dan pada akhirnya dari 11 orang 10 orang diantaranya berhasil sampai puncak mahameru dengan selamat.

Pendakian Tahun 2015

Pendakian Tahun 2016

Dua tahun berselang saya kembali lagi ke semeru setelah melaksanakan sidang skripsi. Setelah capeknya bergelut dengan skripsi saya berangkat bersama 2 orang rekan saya yakni cholid dan shomad. Untuk ketiga kalinya ke semeru, apa tidak bosan? Ya bagi saya sendiri perjalan menuju semeru adalah perjalanan dengan sejuta keindahan yang cukup murah dikantong, karena saya sendiri asli Kota Malang. Dan kali ini kami bertiga menuju semeru hanya untuk 3 hari dihari aktif (selasa-kamis). Berikut list biaya berangkat dari Kota Malang.
Cholid, Shomad, Ayas

5000
15.000

132.500

Dari Tabel Budget perorang diatas, berikut penjelasannya. Karena budget kami terbatas maka kami putuskan untuk 3 hari dikawasan semeru. Karena saya tau toko yang menjual makanan secara harga grosir di Malang maka biaya sudah cukup murah untuk makanan yang enak dan Budget Makan sudah termasuk madu, coklat,gas, dan minuman bungkus (kopi, energen, dll) untuk persewaan sendiri saya dan kawan-kawan saya tidak menyewa peralatan dikarenakan kami sudah memiliki karir, sleeping bag dan tenda sendiri.

Hari 1
H-1 sebelum berangkat pendakian kami telah menyiapkan semuanya termasuk surat keterangan sehat h-1. Ingat surat kesehatan yang valid dan diterima di resort ranu pani surat kesehatan h-1 sebelum keberangkatan.

Kawasan Ngadas Poncokusumo

Kami berangkat dari kota Malang sekitar pukul 7 pagi tanggal 11 September 2018 bertepatan tahun baru hijriyah. Kami berangkat menggunakan 2 sepeda motor melewati kawasan tumpang, coban trisula, desa ngadas dan akhirnya sampai daerah jemplang.
Kawasan Jemplang Setelah Kebakaran

Jemplang merupakan kawasan yang digunakan para wisatawan yang isstirahat sambil menikmati keindahan alam. Selain itu jemplang merupakan sisi percabangan untuk menuju bromo ataupun semeru. Tampak wilayah jemplang yang hangus setelah kebakaran melanda wilayah bukti teletabis. Selepas istirahat dan foto-foto, kami melanjutkan perjalanan menuju desa ranupani.
Danau Ranu Pani

Sesampainya diranu pani kami registrasi (KTP, Bukti pembayaran, Surat Sehat). Setelah registasi kami melakukan briefing yang alhamdulillah pada saat itu hanya kami bertiga yang melakukan briefing. Karena saya sudah paham aturan menuju semeru, kami briefing hanya sekitar 5 menit kemudian melanjutkan pendakian.
Ladang Pertanian Masyarakat Ranupani

Kami bertiga berangkat sekitar pukul 10.00 WIB dari desa ranupani, berjalan sambil menikmati alam dan tak lupa mengabadikan dalam bentuk foto dan beberapa video. Ditemani ladang pertanian yang subur kemudian kami berjalan perlahan menuju kawasan landengan dowo hingga sampai di pos 1.
Pos 1 pendakian Gunung Semeru

Perjalanan dari ranupani  menuju pos 1 sekitar 1,5 jam tergantung dari kekuatan fisik. Sesampai dipos 1 kami beristirahat, minum, mengabadikan momen kemudian lanjut menuju pos 2 yang jalannya cukup landai dan sekitar 30 menit dari pos 1 menuju pos 2. Sesampai di pos 2 hal sama kembali kami lakukan istirahat, makan, dan tiduran. Perjalanan lanjut menuju ke pos 3 yang cukup lumayan jauh sekitar 1,5 jam dari pos 2. Melewati beberapa bukit sambil mengabadikan momen tak lupa kami lakukan (pos 2 – watu rejeng – pos 3).
Pemandangan dari Pos2 menuju Pos 3

Perjalanan dari pos 2 menuju pos 3 jalanan sudah mulai menanjak dengan kemiringan 30 derajat. Sesampai pos 3, 200 meter didepan merupakan tanjakan dengan kemiringan sekitar 50 derajat yang cukup menguras tenaga. Setelah menyelesaikan tanjakan maka jalanan menjadi lebih landai hingga terlihat ranu kumbolo. Jalanan kemudian menurun sambil menghias pemandangan ranu kumbolo untuk menuju pos 4. Dari pos 3 ke pos 4 memakan waktu sekitar 45 menit – 1 jam. Setelah sampai pos 4 kami istirahat sambil menikmati pemandangan sejenak.
Pos 4 Gunung Semeru

Setelah mengabadikan keindahan ranu kumbolo pos 4 kami lantar lanjut menuju tempat pendirian tenda di depat tanjakan cinta. Oh iya tempat untuk diperbolehkan mendirikan tenda sendiri ada di camp tanjakan cinta, camp savana dekat pos 4, dan camp kalimati.
Pemandangan Ranu Kumbolo dari Pos 4

Pemandangan tempat camp 2 di Ranu Kumbolo setelah Pos 4

Kami sampai di ranu kumbolo daerah tanjakan cinta sekitar pukul 15.10. setelah itu kami mengabadikan moment, membangun tenda sholat dan memasak. terdapat batas tempat pendirian tenda dari bibir tenda sekitar 10 meter antara tenda dan bibir danau. Pendakian kali ini sudah terdapat toilet umum dikawasan ranu kumbolo. Beruntungnya kami mendaki saat kawasan ini saat tidak ramai :D. Untuk makan hari ini kami hanya memasak mi dan memakan roti dan menggoreng beberapa sosis.
Lanjut part 2. (tunggu)

Keindahan Ranu Kumbolo

Tenda kami

0 Response to "Pendakian Gunung Semeru Part 1 "