-->

Pendakian, Gunung Butak 2868 MDPL

Pendakian Gunung Butak 2868 MDPL

Halo semuanya, kali ini sam rasyid akan berbagi cerita menyatu dengan alam kembali. Kali ini saya akan bercerita tentang pendakian saya menuju gunung butak, dimana gunung ini tidak terlalu banyak orang mengerti, akan tetapi pastinya warga malang cukup tahu dengan gunung yang satu ini. Gunung butak merupakan bagian dari gunung kawi yang terletak di kabupaten Malang. Jalur pendakian gunung butak sendiri ada 4 yaitu: jalur panderman, jalur dau kabupaten Malang, dan Sirah Kencong Kabupaten Blitar.

Sunset Di Puncak Butak 2868 MDPL

Pendakian gunung butak kali ini saya ditemani 3 orang teman saya yakni remboko, sigit, dan nasrul. Kami berangkat sekitar pukul 6 pagi dari kota Malang menuju pos Pendakian gunung panderman di Batu. Untuk kawan-kawan yang menggunakan motor matic otomatis petugas akan membatasi parkir didaerah bawah, karena untuk menuju pos pendakian gunung panderman dan butak, trek cukup menanjak dan dikhawatirkan rem blong saat turun, tapi bagi kalian yang menggunakan motor bebek kalian akan dibiarkan hingga parkir di pos perizinan. Di pos perizinan kami membayar tiket sebesar Rp. 8000 untuk perorangnya dan kemudian tepat pukul 8 pagi kami berangkat. Trek diawal pendakian didominasi oleh trek bebatuan dan kebun sayur warga. Hingga sekitar 1 jam perjalanan kami baru mulai masuk ke dalam hutan. Sekitar 1 jam 45 menit dari pos perizinan kami sampai di mata air pertama. Kami beristirahat dan makan beberapa camilan.
Pemandangan Arjuno Welirang di trek Pendakian Butak

Setelah beristirahat di pos mata air satu kami lanjut berjalan, sekitar 3 menit dari pos mata air satu disinilah tanjakan menjulang berada didepan kami. Ini untuk kedua kalinya saya ke gunung butak. Tanjakan PHP ini sangat menguras tenaga kami. Berjalan perlahan ditanjakan PHP ditemani terik matahari siang sungguh melelahkan, tak terasa sekitar 1 jam kami berhasil melewati tanjakan PHP dan beristirahat diujung bukit. Sudah 2 jam 45 menit kami berjalan dari pos perizinan. 10 menit setelah istirahat kami berempat melanjutkan perjalanan. Karena sbelumnya saya sudah pernah menuju gunung butak, saya tahu betul trek yang dilaluinya. Perjalanan menuju gunung butak sebenarnya yang paling melelahkan ada di tanjakan PHP, setelah melewati tanjakan PHP trek terbilang menanjak sedang dengan kemiringan 20 derajat, akan tetapi kalian akan berjalan hingga 10 kilometer dengan trek seperti itu, sepanjang trek itu kami melewati yang namanya hutan basah dimana banyak sekali pacet, hutan kering, dan hutan pinus.
Makan Siang Di jalur pendakian

Sekitar 2 jam perjalanan tepat pukul 12.30 kami belum sampai di daerah sabana, kami memutuskan berhenti dan memakan bekal nasi yang dibungkus sewaktu di Malang tadi. 15 menit makan dan istirahat kami lantas melanjutkna perjalanan.
Sabana Gunung Butak

Setelah melewati trek 10 kilometeran ke arah selatan, trek berikutnya merupakan hutan pinus dengna kemiringan 40 derajat. Trek ini cukup melelahkan, serta sinar matahari siang yang cukup terik membuat kami sering beristirahat. Sabana semakin dekat dengan banyaknya tumbuhan edelwis sepanjang trek. Sekitar pukul 14.10 kami sampai di sabana. Sebelum mendirikan tenda kami ambil beberapa gambar lantar cuaca cerah yang akan sayang bila dilewatkan.
Tenda Kami Di Sabana Butak

Sesampai di sabana kami memutskan mendirikan tenda dekat sumber air. Membangun tenda, mendokumentasikan dan memasak kami lakukan bersama. Selepas istirahat kami bergegas menuju puncak butak untuk menyaksikan sunset. Sekitar pukul 16.00 kami mulai berjalan menuju puncak. Kali ini saya, remoboko dan nasrul berangkat, sedangkat sigit diam ditenda lantaran kecapekan. Dari sabana menuju puncak hanya sekitar 30 -45 menit perjalanan tergantung kekuatan fisik kita. Sekitar pukul 16.30 kami sampai dipuncak sambil menyaksikan lautan awan yang indah.
Lautan Awan Menjelang Sore

Di puncak, Kami lantas melanjutkan untuk mendokumentasikan dan bergurau hingga langit mulai berwarna jingga. Ini merupakan kali pertama saya mendapatkan sunset dipuncak gunung. Pendakian pertama saya menuju gunung butak beberapa waktu silam penuh kabut dan tak nampak pemandangan yang indah, akan tetapi pendakian kali ini saya cukup puas dengan terbukanya suasana alam yang membuat semuanya begitu indah.

Setelah matahari terbenam kami lantas melanjutkan untuk kembali ke sabana. Seampai di sabana saya kembali memasng  tripod untuk mengambill beberapa foto bintang. Sembari mengambil foto kami juga memasak, sholat dan bermain uno di tenda. Sekitar pukul 20.00 saya memutuskan untuk tidur.
Sunset Gunung Butak

Pagi hari pukul 4.00 saya bangun dan bergegas membuat minuman hangat untuk persiapan summit menuju puncak butak kembali. Kali ini saya bersama rombongan berniat untuk mendapatkan sunrise. Dan lagi-lagi sigit berniat tidak pergi ke puncak lantaran perutnya sakit, kebelet boker. Akhirnya kami bertiga berangkat ke puncak tanpa sigit.
Sunrise Gunung Butak

Ketika kami berjalan menuju puncak warna jingga dari ufuk timur sudah mulai terlihat, gunung semeru dan gugusan pegunungan tengger laiinya mulai menampakkan diri. Sembari mengambil gambar dan menikmati sunrise, tak disangka sigit sampai ke puncak dan bilang “ternyata apik yo”. Tak terasa sekitar 1 jam setengah kami dipuncak. Mengambil gambar, makan dan menikmati suasana puncak. Di puncak butak tampak gunung semeru dan gugusan pegunungan tengger di ufuk timur, diutara terdapat gunung arjuno dan welirang dan bagan selatan tampak juga laut yang membentang. Setelah menikmati puncak kami turun ke sabana, lalu makan dan paking untuk persiapan pulang.
Kami Berempat di Puncak Butak saat Pagi

Perjalanan pulang terasa lebih ringan karena trek yang menurun. Kami berjalan seperti biasa dan kurang lebih 3 jam dari sabana kami sudha sampai di pos perizinan. Kami lantas istirahat sebentar dan lapor kepada petugas bawasannya kami sudah sampai di basecamp dengan selamat. Kemudian kami bergegas untuk pulang ke Malang. Sekitar pukul 3 sore saya sudha sampai rumah.
Demikian cerita perjalanan kami dalam melakukan pendakian ke gunung butak. Sampai jumpa di lain perjalanan.

0 Response to "Pendakian, Gunung Butak 2868 MDPL"