-->

Sensor Cahaya LDR (Light Dependent Resistor)

Sensor cahaya adalah alat yang digunakan untuk mengubah besaran cahaya menjadi besaran listrik. sensor cahaya sering digunakan untuk mengaktifkan  LED pada lampu taman otomatis, menggerakkan motor DC pada hand dryer, Sensor pada alarm branks, Sensor pada tracker cahaya matahari, Sensor pada control arah solar cell, Sensor pada robot line follower dan menghidupkan buzzer pada alarm otomatis. salah satu sensor cahaya yang paling umum digunakan adalah sensor cahaya LDR (Light Dependent Resistor).
Gambar Sensor Cahaya LDR

LDR adalah sebuah resistor yang nilai resistansinya bergantung pada seberapa banyak cahaya yang jauh pada permukaan sensor LDR. LDR berfungsi untuk mengubah intensitas cahaya menjadi hambatan listrik. Besarnya nilai hambatan pada Sensor Cahaya LDR (Light Dependent Resistor) tergantung pada besar kecilnya cahaya yang diterima oleh LDR itu sendiri. LDR sering disebut dengan alat atau sensor yang berupa resistor yang peka terhadap cahaya. Biasanya LDR terbuat dari cadmium sulfida yaitu merupakan bahan semikonduktor yang resistansnya berupah-ubah menurut
banyaknya cahaya (sinar) yang mengenainya.
Prinsip kerja LDR adalah resistansi LDR akan semakin besar jika LDR berada pada kondisi gelap, nilai resistansi dapat mencapai 10 MΩ, dan ditempat terang LDR mempunyai resistansi semakin turun bahkan bila sangat teranga resistansi dapat menjadi sekitar 150 Ω.

Penerapan rangkaian LDR sama halnya dengan penggunaan 
sensor cahaya LDR (Light Dependent Resistor) dapat diemplementasikan dalam berbagai kebutuhan. salah satu sebagai lampu otomatis dan lain-lain. penerapan rangkaian LDR tetap menggunakan bantuan rangkaian pembagi tegangan dan pengkondisi sinyal opamp atau mikrokontroler sebagai pembantu dalam mengoperasikan output yang diinginkan. Berikut gambar rangkaian penerapan sensor LDR.

Sekian Penjelasan singkat mengenai sensor cahaya LDR apabila bermanfaat jangan lupa bagikan. Terimakasih.


0 Response to "Sensor Cahaya LDR (Light Dependent Resistor)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel