-->

Sensor Cahaya Photodioda

Sensor Cahaya Photodioda

Sensor Cahaya photodioda merupakan sensor cahaya yang paling umum digunakan untuk sensor garis. sensor garis ini sering digunakan untuk perlombaan robot line follower. Sensor photodioda adalah sensor cahaya yang bentuknya mirip seperti LED akan tetapi kegunaan sensor photodioda sebagai pendeteksi cahaya. Seperti dioda pada umumnya, Photodiode atau Dioda Foto ini memiliki dua kaki terminal yaitu kaki terminal Katoda dan kaki terminal Anoda, namun Dioda Foto memiliki Lensa dan Filter Optik yang terpasang dipermukaannya sebagai pendeteksi cahaya. Prinsip kerja sensor photodioda adalah menangkap cahaya kemudian mengubah energi cahaya tersebut dalam bentuk resistansi. Sama seperti sensor cahaya Light Dependent Resistor / LDR.
Gambar dan simbol Photodioda

Sensor Garis menggunakan sensor Photodioda
Aplikasi yang sering digunakan photodioda antara lain sebagai sensor garis dimana komponen yang dibutuhkan antara lain resistor 330, resistor 1k, sensor photodioda, LED.
resistor 330 berfungsi sebagai hambatan untuk supply tegangan ke LED. resistor 1k berfungsi sebagai resistor untuk pembagi tegangan dengan sensor photodioda. Berikut rangkaian sensor garis
Rangkaian Sensor Garis

Prinsip kerja sensor garis rangkaian diatas:
saat photodioda terkena cahaya nilai resistansi akan mengecil bila cahaya sangat terang sehingga arus listrik akan menuju ground dan yang menuju output nilai semakin kecil. saat photodioda tidak terkena cahaya maka nilai resistansi photodioda semakin membesar sehingga arus listrik menuju ground akan sedikit dan arus listrik akan menuju output yang akan disambungkan ke ADC mikrokontroler atau penguat opamp. berikut gambar ilustrasi sensor garis dapat dilihat pada gambar dibawah ini.



Demikian penjelasan singkat mengenai sensor cahaya photodioda dan sensor garis. semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan. Terimakasih


0 Response to "Sensor Cahaya Photodioda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel