-->

Pengertian dan Fungsi Dioda Zener


Dioda zener merupakan salah satu dioda yang berfungsi sebagai penstabil tegangan pada catu daya atau power supply. Dioda zener memiliki dua kondisi dalam penggunaannya yaitu pada kondisi forward bias dan reverse bias. Dioda zener memiliki tegangan breakdown tertentu sesuai dengan tipe dan serinya.
Gambar 1. bentuk dan simbol dioda zener


Dioda zener adalah dioda jenis junction P dan N yang terbuat dari silicon yang lebih tahan panas. Dioda zener berfungsi sebagai penstabil tegangan dan sebagai pembatas tegangan pada level tertentu untuk keamanan rangkaian. Bahan dasar pembutan komponen dioda zener adalah silikon yang mempunyai sifat lebih tahan panas, oleh karena itu sering digunakan untuk komponen-komponen elektronika yang berdaya tinggi. Semua dioda prinsip kerjanya adalah sebagai penyearah, tetapi karena proses pembuatan, bahan dan penerapannya yang berbeda-beda, maka nama-namanya juga berbeda


Gambar 2. (a) Susunan Fisis dioda , (b) simbol dioda zener


Pada dasarnya, dioda zener akan menyalurkan arus listrik yang mengalir ke arah yang berlawanan jika tegangan yang diberikan melampaui batas “breakdown voltage” atau tegangan tembus dioda zenernya. Karakteristik ini berbeda dengan dioda biasa yang hanya dapat menyalurkan arus listrik ke satu arah. Tegangan tembus (breakdown voltage) ini disebut juga dengan tegangan zener. Ada 2 jenis kondisi dioda zener yaitu :


1.  Dioda Zener dalam Kondisi Forward Bias

2.  Dioda Zener dalam Kondisi Reverse Bias

3.  Dioda Zener Sebagai Regulator Tegangan


Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Dioda Zener"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel