-->

Pengertian dan Jenis-Jenis Gerbang Logika Dasar

Pengertian Gerbang Logika

Gerbang logika merupakan dasar untuk merancang dan membangun rangkaian elektronika digital. Suatu gerbang logika mempunyai satu atau lebih terminal masukan dan satu terminal keluaran. Keluaran dan masukan gerbang logika ini dinyatakan dalam kondisi HIGH (1) atau LOW (0). Berikut simbol dari gerbang logika.
Simbol Gerbang Logika
Gambar 1. Simbol Gerbang Logika
Gerbang logika terbagi menjadi 2 yaitu gerbang logika dasar dan gerbang logika turunan. Gerbang Logika Dasar adalah blok dasar untuk membentuk rangkaian Elektronika digital. Contohnya, AND, OR, dan NOT.

1. Gerbang Logika AND

Gerbang logika AND adalah suatu rangkaian logika yang mempunyai 2 atau lebih masukan dengan 1 keluaran. Gerbang logika merupakan perkalian logika dengan simbol atau tanda perkalian ( . ) atau dibaca dot. Gambar 2 simbol dari gerbang logika AND.
Simbol Gerbang Logika AND yang digunakan oleh American National Standard Institute (ANSI) dan Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) (a) lama dan (b) baru.
Gambar 2. Simbol Gerbang Logika AND yang digunakan oleh American National Standard Institute (ANSI) dan Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) (a) lama dan (b) baru.
Operasi Gerbang logika AND:
  •     Jika masukan A dan B keduanya HIGH, maka keluarannya akan HIGH (1).
  •     Jika masukan A dan B salah satunya atau keduanya LOW, maka keluarannya akan LOW (0)

 Tabel 1 Kebenaran Gerbang AND 2 Masukan (Input)
 

2. Gerbang Logika OR


Gerbang logika OR adalah suatu rangkaian logika yang mempunyai 2 atau lebih masukan dengan satu keluaran. Gerbang logika OR merupakan penjumlahan logika dengan simbol tanda plus (+) Gambar 3 simbol gerbang logika OR.

Simbol Gerbang Logika OR yang digunakan oleh American National Standard Institute (ANSI) dan Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) (a) lama dan (b) baru.

Gambar 3 Simbol Gerbang Logika OR yang digunakan oleh American National Standard Institute (ANSI) dan Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) (a) lama dan (b) baru.
Operasi Gerbang logika OR:
  • Jika masukan A dan B keduanya atau salah satu masukannya HIGH, maka keluarannya akan HIGH (1).
  • Jika masukan A dan B keduanya LOW, maka keluarannya akan LOW (0).

Tabel 2 Kebenaran Gerbang OR 2 Masukan (Input)


3. Gerbang Logika NOT


Gerbang logika NOT adalah suatu rangkaian logika yang berfungsi sebagai "pembalik", jika masukan berlogika 1, maka keluaran akan berlogika 0, demikian sebaliknya. Gerbang logika NOT ini komplementasi logika atau inversi yang disimbolkan dengan tanda bar ( ̅ ). Berikut simbol dari gerbang logika NOT.
Simbol Gerbang Logika NOT yang digunakan oleh American National Standard Institute (ANSI) dan Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) (a) lama dan (b) baru.
Gambar 4. Simbol Gerbang Logika NOT yang digunakan oleh American National Standard Institute (ANSI) dan Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) (a) lama dan (b) baru.
Operasi Gerbang logika NOT:
  •     Jika masukan A HIGH, maka keluarannya akan LOW (0).
  •     Jika masukan A LOW, maka keluarannya akan HIGH (1).
Tabel 3 Kebenaran Gerbang NOT

  

0 Response to "Pengertian dan Jenis-Jenis Gerbang Logika Dasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel