-->

Pengertian dan Jenis-Jenis Gerbang Logika Turunan

Gerbang logika turunan adalah gerbang logika yang dibentuk dari gerbang logika dasar. Contohnya, NAND, NOR, EXOR, EXNOR.

Gerbang logika NAND 

Gerbang logika NAND (NOT - AND) adalah suatu rangkaian logika yang mempunyai 2 atau lebih masukan, dengan satu keluaran. Gerbang NAND merupakan rangkaian logika kombinasi dari gerbang AND yang dikuti gerbang NOT. Gambar 1 simbol dari gerbang logika NAND.
Simbol Gerbang Logika NAND yang digunakan oleh American National Standard Institute (ANSI) dan Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) (a) lama dan (b) baru
Gambar 1 Simbol Gerbang Logika NAND yang digunakan oleh American National Standard Institute (ANSI) dan Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) (a) lama dan (b) baru
Operasi Gerbang logika NAND:
  • Jika masukan A dan B HIGH, maka keluarannya akan Low (0). 
  • Jika masukan A atau B atau keduanya LOW, maka keluarannya akan HIGH (1).
Table 1 Kebenaran Gerbang NAND 2 Masukan 

Gerbang logika NOR 

Gerbang logika NOR (NOT-OR ) adalah suatu rangkaian logika yang mempunyai 2 atau lebih masukan, dengan satu keluaran. Gerbang NOR merupakan rangkaian logika kombinasi dari gerbang OR yang dikuti gerbang NOT.
Simbol Gerbang Logika NOR yang digunakan oleh American National Standard Institute (ANSI) dan Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) (a) lama dan (b) baru
Gambar 2 Simbol Gerbang Logika NOR yang digunakan oleh American National Standard Institute (ANSI) dan Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) (a) lama dan (b) baru
Operasi Gerbang logika NOR:
  • Jika masukan A dan B HIGH, maka keluarannya akan Low (0). 
  • Jika masukan A atau b atau keduanya LOW, maka keluarannya akan HIGH (1). 
Tabel 2 Kebenaran Gerbang NOR 2 masukan (input):

Gerbang logika EXOR 

(Exclusive OR) Gerbang EXOR merupakan suatu rangkaian logika khusus hanya mempunyai 2 masukan, dengan satu keluaran. Gerbang EXOR merupakan rangkaian logika kombinasi dari gerbang NOT, AND dan OR.
Simbol Gerbang Logika EXOR yang digunakan oleh American National Standard Institute (ANSI) dan Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) (a) lama dan (b) baru
Gambar 3. Simbol Gerbang Logika EXOR yang digunakan oleh American National Standard Institute (ANSI) dan Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) (a) lama dan (b) baru.
Operasi Gerbang Logika EXOR:
  • Jika salah satu dari kedua input HIGH, maka keluarannya akan HIGH (1) 
  • Jika kedua input sama, maka keluarannya akan LOW (0) 
 Tabel 3. Kebenaran Gerbang EXOR

Gerbang logika EXNOR 

Gerbang EXNOR merupakan suatu rangkaian logika khusus hanya mempunyai 2 masukan, dengan satu keluaran. Gerbang EXNOR merupakan rangkaian logika kombinasi dari gerbang NOT, OR, dan AND.

Simbol Gerbang Logika EXNOR yang digunakan oleh American National Standard Institute (ANSI) dan Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) (a) lama dan (b) baru.
Gambar 4. Simbol Gerbang Logika EXNOR yang digunakan oleh American National Standard Institute (ANSI) dan Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) (a) lama dan (b) baru.
Operasi Gerbang Logika EXNOR:
  • Jika salah satu masukan HIGH, maka keluarannya akan Low (0) 
  • Jika kedua masukan sama, maka keluarannya akan HIGH (1)  
Tabel 4. Tabel Kebenaran gerbang EXNOR 

0 Response to "Pengertian dan Jenis-Jenis Gerbang Logika Turunan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel