-->

Bahan-bahan Pendukung Instalasi Listrik

Dalam melakukan instalasi listrik memerlukan bahan-bahan pendukung. Berikut bahan-bahan pendukung dalam instalasi listrik.
Panel Box Pendukung Instalasi Listrik
Gambar 1. Panel Box Pendukung Instalasi Listrik

a) Kanal Sirip & Pipa Instalasi 

Kanal sirip disebut juga dak kabel. Sarana ini biasanya digunakan untuk menempatkan kabel di dalam panel agar rapi. Sedang pipa instalasi digunakan untuk menempatkan kabel yang ke luar dari panel, sehingga kelihatan rapi dan terlindung dari gangguan mekanik.

b) Terminal Kabel / Terminal Rangkai 

Untuk persiapan penyambungan kabel kerangkaian luar dari suatu panel, perlu disiapkan terminal kabel. Terminal kabel disini ada dua macam, yaitu (a) terminal plastic, (b) terminal rangkai. Jenis terminal rangkai dapat dirangkai dalam suatu rel omega, banyak digunakan untuk pelayanan sambungan pada panel kelasifikasi besar.

c) Rel Omega Rel 

Omega adalah suatu rel yang digunakan untuk dudukan komponen di dalam panel, seperti MCB, Kontaktor, Relay, terminal rangkai, dan lain sebagainya.

d) Rel Tembaga Rel 

tembaga digunakan sebagai sarana pengumpul tenaga listrik, yang diletak-kan didalam panel tenaga. Ukuran rel tembaga yang ada di perdagangan ditunjukkan pada tabel 1. di bawah ini

Tabel 1. Ukuran Rel Tembaga

e) Panel Box

Panel box adalah kotak yang berfungsi untuk meletakkan dan pelindungi perlengkapan pendistribusian atau perlengkapan pengendalian tenaga listrik.

f) Penghantar Listrik

Penghantar listrik (konduktor) adalah bahan yang memiliki konduktifitas baik untuk menyalurkan tenaga listrik. Bahan yang banyak digunakan adalah tembaga atau aluminium. Bila penghantar listrik tersebut sudah dilindungi oleh suatu isolasi biasa disebut “kabel” Jenis kabel di perdagangan banyak sekali ragamnya, dan selalu ada saja tambahan jenis kabel baru di pasaran. Rida Ismu (1979) menjelaskan jenis-jenis kabel dinyatakan dengan istilah-istilah yang terdiri dari sejumlah huruf dan terkadang juga angka. Karena banyaknya jenis kabel yang ada di perdagangan, sering tidak mudah untuk mengenali konstruksi suatu kabel hanya berpijak dari nomenklaturnya saja, tanpa adanya keterangan tambahan. Contoh jenis kabel, lampiran C PUIL 2000, sebagai berikut:
N : kabel standart penghantar tembaga
Y : Selubung isolasi dari PVC
A : Selubung atau lapisan pelindung luar bahan serat
Contoh kabel di pasaran: NYA; NYY Identifikasi rel atau inti penghantar dengan Warna ditunjukkan pada tabel 2:

Tabel 2. Identifikasi rel atau inti penghantar dengan Warna

0 Response to "Bahan-bahan Pendukung Instalasi Listrik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel