-->

Teknik Merancang Perakitan Sistem Solar Cell

Panel surya dapat merubah energi dari cahaya matahari, yang kemudian dapat dimanfaatkan sebagai tenaga pembangkit listrik. Saat ini sudah banyak yang memanfaatkan panel surya ini sebagai pembangkit listrik mandiri (independent) tanpa harus bergantung sepenuhnya pada PLN. Komponen utama dalam pembuatan sistem solar cell yang utama adalah: solar panel, baterai, solar charger controller, Inverter untuk merubah listrik DC menjadi AC. Jika Anda berminat untuk menggunakan panel surya di rumah atau gedung milik Anda, sebaiknya ketahui terlebih dahulu cara menghitung biaya pemasangan panel surya.
Gambar 1. Teknik Merancang Perakitan Sistem Solar Cell

  • Hitunglah dulu berapa kebutuhan jumlah total beban listrik yg akan digunakan di rumah setiap hari,misalnya total lampu dan beban peralatan listrik 200 watt.
  • Berikutnya tentukan berapa lama beban 200 watt ini akan dihidupkan? Ambil contoh misalnya 12 jam. Jika 12 jam, berarti total konsumsi daya beban dalam sehari adalah .. 12jam x 200 watt = 2.400 watt/jam.
  • Setelah mengetahui total beban, maka berikutnya hitung berapa jumlah baterai (accu) yang nantinya dibutuhkan untuk men-supply beban sejumlah total 2.400 watt tsb, caranya: Agar maximal hitung pula dari jumlah total 2.400 watt tersebut, tambahkan sekitar 20% yang nanti akan digunakan sistem Listrik panel surya, yakni inverter sebagai pengubah arus listrik 12Vdc (searah) menjadi listrik 220Vac (bolak – balik).. karena pada umumnya peralatan rumah tangga menggunakan arus listrik 220Vac. maka total daya yang dibutuhkan adalah 2.400 x (2.400 x 20%) = 2.880 watt.
  • Dari 2.880watt tersebut, kita sekarang bisa tentukan jumlah dan ukuran tekhnis battery (accu) nya yang akan dibutuhkan.. dengan metode rumus dasar kelistrikan (Watt = Volt x Arus), P = V x I, sehingga I = P/ V, maka I = 2880/12 (12 adalah tegangan umum yang dimiliki baterai adalah 12V, maka arus listrik yang dibutuhkan adalah 240 Ampere. (battery 240Ah) Maka, jika kita menggunakan baterai yang ada dipasaran 100Ah ..setidaknya kita butuh 3unit batteri, artinya 100Ah x 3 = 300Ah. ( karena jika 240Ah tidak ada battery yg persis sama)
  • Dari 2.880 watt tersebut juga, kita akan menghitung jumlah panel yang kita butuhkan, Dipasaran ukuran panel solarcell bermacam (10, 20, 40, 50, 80, 100, 150, 200, 250Wp) .. dsb Tarulah jika kita menggunakan ukuran panel yang 100wp (watt peak), maka dalam sehari panel surya yg 100Wp ini akan menghasilkan listrik sebesar 100wp x 5 (jam) = 500 watt/jam. Adapun 5 jam didapat dari efektivitas sinar matahari yang diserap oleh panel surya dalam sehari. (bisa saja jika dipasang di kota posisi di garis khatulistiwa..bisa lebih dari 6jam). kembali lagi, jika 1 panel yang 100Wp mampu memberikan listrik sejumlah 500 watt/jam, maka total panel yang dibutuhkan adalah 2.880 : 500 = 5,76 (artinya kita bulatkan saja 6 panel solarcell)
Kesimpulan :
Untuk menghidupkan listrik 200W selama 12jam (2880 Watt/jam), maka membutuhkan battery 300Ah, solarcell 100Wp x 6bh,

Selanjutnya silahkan anda membeli perlengkapan peralatan solarcell tersebut..sesuai jumlah dan kebutuhan yang anda hitung dan rencanakan.
Catatan :
  • Jika total beban listrik anda bertambah, maka dipastikan sistem peralatan juga akan bertambah nilainya.
  • Jika total beban listrik anda turun/berkurang, maka dipastikan sistem peralatan juga akan berkurang nilainya.
  • Jika total durasi / waktu jam anda bertambah, maka dipastikan sistem peralatan juga akan bertambah nilainya.
  • Jika total durasi / waktu jam anda bekurang, maka dipastikan sistem peralatan juga akan berkurang nilainya. Semakin besar jumlah dan kuat arus battery, akan semakin banyak jumlah kebutuhan solarcell yang harus dipasang sebagai chargernya. Namun.. semakin banyak jumlah dan kuat arus battery yang digunakan…masa durasi jam pemakaian listrik semakin lama.. semakin banyak jumlah solarcell yang dipasang..semakin cepat sistem penchargeran terhadap battery nya.
Sumber : PT Alfan Mechatronics Innovation

3 Responses to "Teknik Merancang Perakitan Sistem Solar Cell"

  1. This is such a great resource that you are providing and you give it away for free. I love seeing websites that understand the value of providing a quality resource for free. It is the old what goes around comes around routine. ECE R100

    BalasHapus
  2. With the ability to mount over 100m off the ground, HOMMIIEE high mast lighting poles can take your project to new heights. high mast led flood light manfuacturers

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel