-->

Pengertian Sensor MQ-2

Pengertian Sensor MQ-2 

Sensor MQ-2
Gambar 1. Sensor MQ-2

Sensor MQ-2 adalah salah satu sensor yang sensitif terhadap asap rokok. Bahan utama sensor ini adalah SnO2 dengan konduktifitas rendah pada udara bersih. Jika terdapat kebocoran gas konduktifitas sensor menjadi lebih tinggi, setiap kenaikan konsentrasi gas maka konduktifitas sensor juga naik. Sensor MQ-2 sensitif terhadap gas LPG, Propana, Hidrogen, Karbon Monoksida, Metana dan Alkohol serta gas mudah terbakar diudara lainnya.

Struktur Sensor MQ-2
Gambar 2. Struktur Sensor MQ-2

Tabel 1. keterangan struktur sensor MQ-2


Internal sensor dalam hal ini terdapat 6 buah pin seperti ditunjukkan pada Gambar 2: 

  • Dua pin digunakan untuk sistem pemanas dalam tabung. 
  • Empat pin yg lain digunakan untuk memberikan masukan atau mengambil Output . 

Sensor MQ-2 terdapat 2 masukan tegangan yakni VH dan VC. VH digunakan untuk tegangan pada pemanas (Heater) internal dan Vc merupakan tegangan sumber serta memiliki keluaran yang menghasilkan tegangan berupa tegangan analog. Berikut konfigurasi dari sensor MQ-S seperti ditunjukkan pada Gambar 2: 

  • Pin 1 merupakan heater internal yang terhubung dengan ground. 
  • Pin 2 merupakan tegangan sumber (VC) dimana Vc < 24 VDC. 
  • Pin 3 (VH) digunakan untuk tegangan pada pemanas (heater internal) dimana VH = 5VDC. 
  • Pin 4 merupakan output yang akan menghasilkan tegangan analog. 

 Prinsip Kerja Sensor MQ-2 

Sensor Asap MQ-2 berfungsi untuk mendeteksi keberadaan asap yang berasal dari gas mudah terbakar di udara. Pada dasarnya sensor ini terdiri dari tabung aluminium yang dikelilingi oleh silikon dan di pusatnya ada elektroda yang terbuat dari aurum di mana ada element pemanasnya. Ketika terjadi proses pemanasan, kumparan akan dipanaskan sehingga SnO2 keramik menjadi semikonduktor atau sebagai penghantar sehingga melepaskan elektron dan ketika asap dideteksi oleh sensor dan mencapai aurum elektroda maka output sensor MQ-2 akan menghasilkan tegangan analog. Sensor MQ-2 ini memiliki 6 buah masukan yang terdiri dari tiga buah power supply (Vcc) sebasar +5 volt untuk mengaktifkan heater dan sensor, Vss (Ground), dan pin keluaran dari sensor tersebut.

Karakteristik Sensor MQ-2

Sensor MQ-2 terdapat 2 masukan tegangan yakni VH dan VC. VH digunakan untuk tegangan pada pemanas (Heater) internal dan Vc merupakan tegangan sumber. Catu daya yang dibutuhkan pada sensor MQ-2 adalah Vc < 24VDC dan VH = 5V ±0.2V tegangan AC atau DC. Sensor gas dan asap ini mendeteksi konsentrasi gas yang mudah terbakar di udara serta asap dan output membaca sebagai tegangan analog. Sensor dapat mengukur konsentrasi gas mudah terbakar dari 300 sampai 10.000 sensor ppm. Dapat beroperasi pada suhu dari -20 sampai 50° C dan mengkonsumsi kurang dari 150 mA pada 5V. sensitifitas dari karakteristik Sensor MQ-2 dapat dilihat pada Tabel 2.

Tabel 2. Sensitifity characteristic


 Implementasi sensor Gas MQ-2 dengan motor DC

implementasi sensor Gas MQ-2 dengan motor DC
Gamabr 3. implementasi sensor Gas MQ-2 dengan motor DC


Pada Gambar 3. sensor Gas MQ-2 berfungsi sebagai pengatur kecepatan motor DC. Prinsip kerja Gambar 3 adalah output dari sensor Gas MQ-2 yang sangat kecil sekitar mili volt dimasukkan ke rangkaian penguat non inverting, fungsinya adalah untuk menaikkan tegangan sensor Gas MQ-2 menadi 10 kali. Sehingga jika sensor Gas MQ-2 mendeteksi adanya asap rokok dengan jarak dekat dan waktu yang lama maka output yang dihasilkan semakin besar dan putaran motor DC akan semakin cepat.

 Implementasi sensor Gas MQ-2 dengan motor servo 

implementasi sensor Gas MQ-2 dengan motor servo
Gambar 4. implementasi sensor Gas MQ-2 dengan motor servo


Pada Gambar 4. sensor Gas MQ-2 berfungsi sebagai pengatur kecepatan motor servo. Prinsip kerja Gambar 4. adalah output dari sensor Gas MQ-2 yang sangat kecil sekitar mili volt dimasukkan ke rangkaian penguat non inverting, fungsinya adalah untuk menaikkan tegangan sensor Gas MQ-2 menadi 10 kali. Setelah itu, output dari rangkaian penguat non inverting akan dimasukkan ke astabil multivibrator yang berfungsi untuk menggerakkan motor servo dengan mengubah nilai kapasitansi. Jika output dari rangkaian penguat non inverting semakin besar maka motor servo akan berputar samapai batas derajat tertinggi.

 Implementasi sensor Gas MQ-2 dengan motor stepper

implementasi sensor Gas MQ-2 dengan motor stepper
Gambar 5. implementasi sensor Gas MQ-2 dengan motor stepper


Pada Gambar 5.sensor Gas MQ-2 berfungsi sebagai pengatur kecepatan motor stepper. Prinsip kerja Gambar 5. adalah output dari sensor Gas MQ-2 yang sangat kecil sekitar mili volt dimasukkan ke rangkaian penguat non inverting, fungsinya adalah untuk menaikkan tegangan sensor Gas MQ-2 menadi 10 kali. Setelah itu, output dari rangkaian penguat non inverting akan dimasukkan multivibrator astabil yang berfungsi menggerakkan motor stepper dengan mengatur nilai kapasitansi. Output dari multivibrator astabil berupa data 0 dan 1 sebagai input dari driver motor stepper yang berupa dua D flip-flop yang nantinya akan mengatur perputaran motor stepper

 Implementasi Sensor Gas dengan Sistem Kendali ON/OFF dan Analog

Implementasi sensor Gas MQ-2 dengan sistem kendali analog
Gambar 6a. Implementasi sensor Gas MQ-2 dengan sistem kendali analog


Pada Gambar 6 (a) sensor Gas MQ-2 berfungsi untuk menyalakan buzzer. Prinsip kerja Gambar 6 (a) adalah output dari sensor Gas MQ-2 yang sangat kecil sekitar mili volt dimasukkan ke rangkaian penguat non inverting, fungsinya adalah untuk menaikkan tegangan sensor Gas MQ-2 menadi 10 kali. Setelah itu output dari rangkaian penguat non inverting akan dibandingkan dengan rangkaian komparator. Tujuannya adalah jika output rangkaian penguat non inverting lebih besar dari rangkaian komparator maka buzzer akan berbunyi dan sebaliknya. 

Implementasi sensor Gas MQ-2 dengan sistem kendali ON/OFF
Gambar 6b. Implementasi sensor Gas MQ-2 dengan sistem kendali ON/OFF


Pada Gambar 6 (b) sensor Gas MQ-2 berfungsi untuk menyalakan buzzer. Prinsip kerja Gambar 6(b) adalah output dari sensor Gas MQ-2 yang sangat kecil sekitar mili volt dimasukkan ke rangkaian penguat non inverting, fungsinya adalah untuk menaikkan tegangan sensor Gas MQ-2 menadi 10 kali. Setelah itu output dari rangkaian penguat non inverting akan dibandingkan dengan rangkaian komparator. Selanjutnya output dari rangkaian komparator akan dimasukkan ke driver relay yang berfungsi sebagai saklar. Tujuannya adalah jika output rangkaian penguat non inverting lebih besar dari rangkaian komparator maka relay akan aktif dan buzzer akan berbunyi dan sebaliknya.

0 Response to "Pengertian Sensor MQ-2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel